Kamis, 10 Mei 2018

[My Berbagi] Mizanstore: Satu Layanan untuk Banyak Kemudahan

Diposting oleh My Booklicious di 23.50

Holaaa...

MyB datang lagi, tapi kali ini bukan buat berbagi review atau info event tentang buku, ya. Kali ini MyB mau share tentang salah satu toko buku online, yaitu Mizanstore.

***

(Tampilan Awal Website Mizanstore Saat Dibuka dari Ponsel)

Mizanstore merupakan bagian dari Mizan Group yang menyediakan layanan penjualan buku secara online. Dengan slogannya 'where books are a click away', Mizanstore menjadi salah satu solusi bagi penikmat buku yang lebih suka 'jajan' buku tanpa harus bepergian jauh.

Meskipun bukan menjadi satu-satunya toko buku yang bergerak secara online, tapi Mizanstore telah mampu bertahan dan terus bersaing, tentunya dengan memberikan beberapa kemudahan. Cara berbelanja di toko buku online Mizanstore merupakan salah satuya.

Seperti apa cara berbelanja di toko buku online Mizanstore? Ini dia rangkumannya.

Tahap pertama dimulai dengan mencari buku yang diinginkan, kemudian klik BELI. Calon pembeli bisa melakukan hal yang sama pada buku-buku lain setelah mengklik LANJUTKAN BELANJA. Setelah semua buku pilihan ada dalam keranjang, selanjutnya tinggal proses CHECKOUT.

Proses CHECKOUT ini meliputi pemilihan metode pembelian, yaitu beli sebagai tamu atau registrasi member. Kalau kalian hanya akan berbelanja sekali, atau tidak berniat menjadi member karena akan menambah daftar password yang harus diingat, kalian bisa melakukan pembelian sebagai tamu.

Dengan melakukan pembelian sebagai tamu, kalian akan diminta mengisi identitas lengkap beserta email untuk notifikasi pada setiap pembelian. Sebaliknya, kalau kalian menjadi member, data identitas akan tersimpan dan tetap bisa diubah sesuai kebutuhan.

Bagian dari proses CHECKOUT selanjutnya adalah pemilihan ekspedisi atau metode pengiriman. Setelah itu, akan tampil perhitungan total tagihan yang harus dibayar oleh calon pembeli. Barulah selanjutnya pemilihan metode pembayaran. Pada tahap ini, kalian bisa memilih metode pembayaran yang paling mudah untuk kalian.

Setelah semua kolom terisi, lengkap dan sesuai, kalian bisa langsung menyelesaikan proses ORDER. Jika order berhasil, akan ada notifikasi pada email yang berisi nomor order dan rincian pesanan. Notifikasi email ini juga akan diberikan setelah kalian melakukan konfirmasi pembayaran, serta saat pesanan memasuki proses packaging dan shipping.

(Notifikasi Order)


(Notifikasi Pembayaran)

(Notifikasi Packaging)

(Notifikasi Shipping)


Selain cara belanjanya yang mudah, Mizanstore juga memberikan jangkauan luas bagi para calon pembeli untuk mengeksplor buku-buku yang mereka inginkan. Kenapa? Karena meskipun toko buku online satu ini merupakan bagian dari Mizan Group, tapi pilihan bukunya tidak terbatas pada terbitan Mizan Group saja.

Toko buku online Mizanstore menyediakan buku-buku dari berbagai penerbit dengan banyak genre, baik fiksi maupun nonfiksi. Hal ini tentu sesuai dengan tujuan Mizanstore sendiri yaitu untuk menyediakan akses bagi buku-buku berkualitas.

Kekurangannya adalah, belum ada upgrade data penerbit. Padahal kalau dilihat, sekarang ini banyak sekali penerbit-penerbit baru yang bukunya banyak menjadi incaran pembaca. Kalau Mizanstore bisa memberikan akses buku hingga penerbit baru, sepertinya pembaca tidak akan tanggung dalam berbelanja karena mereka bisa memperoleh semua buku yang diinginkan dalam satu kali pesanan.

Selain itu, harga yang diberikan pun tentu harus mampu bersaing. Jika TBO yang lain menyediakan diskon 15-20%, Mizanstore jangan mau kalah dong. Poin harga buku ini juga tentu berpengaruh pada minat calon pembeli. Alternatif lainnya yaitu dengan melakukan berbagai promo, seperti gratis ongkos kirim dan kode kupon untuk mendapatkan potongan harga.

Pengelolaan website juga menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan. Pembeli yang tertarik dengan seluk-beluk Mizanstore tentu ingin mendapatkan informasi yang lengkap. Hal itu bisa diperoleh kalau semua ikon pada website berfungsi dengan baik. Namun, ternyata masih ada ikon yang tidak responsif saat dibuka melalui ponsel.

***
Okay, gaiss...

MyB Berbagi kali ini cukup sekian, ya. Kalau kalian ingin bertanya lebih banyak tentang Mizanstore, silakan langsung cek website-nya dan klik bagian whatsapp. Di sana ada admin yang siap menjawab pertanyaan kalian.

See you... 



 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea