Selasa, 19 September 2017

[REVIEW] Miss Irresistible Stylist - Yuli Pritania

Diposting oleh My Booklicious di 07.28

Judul: Miss Irresistible Stylist
Penulis: Yuli Pritania
Editor: Cicilia Prima
Desain Cover: Jang Shan & Helfi Tristeawan
Penata Isi: Putri Widia Novita
Penerbit: Grasindo
Tahun Terbit: April 2017
ISBN: 978-602-375-914-9

BLURB

IM YOON-HEE. Fashion stylist yang berharap gambar-gambar pakaian di buku sketsanya bisa mewujud nyata. Di ulang tahunnya yang ke-27, dia berdoa agar diberi pria tampan untuk dinikahi. Dia menemukannya, tapi kenapa pria itu harus CEO di kantor tempatnya bekerja? Kenapa harus pria misterius dengan wajah tidak masuk akal itu?

LEE WON. CEO ETHEREAL, salah satu brand pakaian paling terkenal di Korea. Sukses, kaya, tampan, dan memiliki seorang anak perempuan berwajah malaikat. Dia tidak lagi menginginkan apa-apa. Bahkan tidak wanita. Namun, satu senyuman dan suara tawa wanita itu, lalu untuk pertama kalinya dalam lima tahun, dia meragukan keputusannya untuk melajang seumur hidup.

***

Im Yoon Hee, gadis berusia 27 tahun yang bekerja di Ethereal sebagai fashion stylist, memiliki wajah cantik, tapi tertutupi oleh penampilannya yang selalu aneh. Ia biasa berganti gaya atau warna rambut setiap awal minggu. Pernah warna campuran pink-ungu, coklat, dan putih--bukan pirang, melainkan putih seperti uban. Beruntungnya, rambut putih Yoon Hee tidak berlangsung lama karena ia mendapat tugas penting. 

Lee Won, CEO Ethereal, dianggap tidak memiliki selera fashion yang sesuai dengan wajahnya. Pakaiannya hanya seputar kemeja putih. Karena kritik tersebut, ia menerima tawaran pegawainya untuk menyiapkan pakaian yang 'layak' untuknya. Tugas mengantarkan pakaian itu ke rumah Lee Won diberikan pada Yoon Hee.

Hari pertama ke rumah Lee Won, ia disebut Ajumma ubanan oleh Eun Bi, putri sang CEO. Namun, Yoon Hee tidak peduli. Hingga di kunjungan kedua, untuk pertama kalinya, ia melihat Lee Won, tengah tidur di atas ranjang. Lalu, semuanya berubah. Sejak saat itu, Yoon Hee tampil 'normal' hingga membuat orang-orang kantornya terpesona.

Kalau mengubah penampilan adalah usaha Yoon Hee agar Lee Won dapat tertarik padanya, akankah usaha itu berhasil? Apakah Yoon Hee berhasil meruntuhkan keputusan Lee Won untuk tidak menikah lagi?

"Mencoba sudah sulit bagiku. Memercayai seseorang jauh lebih sulit lagi." (Lee Won, hal. 191)

***

"Kau tidak bisa mencintai seseorang jika kau tidak mencintai dirimu sendiri. Omong kosong. Aku tidak mencintai diriku.... Tapi aku mencintaimu. Dan, karena kau mencintaiku, aku sekarang sedang belajar untuk mencintai diriku sendiri." (Lee Won, hal. 214)

Miss Irresistible Stylist merupakan novel ketiga Kak Yuli yang kubaca setelah Calla Sun dan Dublin, sekaligus novel K-Fiction Kak Yuli yang kubaca pertama kali. Aku seorang Korean-addict, tapi baru kali ini mencicipi K-Fiction, dan aku tidak menyesal. Justru aku merasa puas dan berniat untuk mulai membaca novel lain yang sejenis.

Novel MIS ini merupakan bagian dari seri K-Fiction terbaru dari Grasindo, Lovession (Love & Profession). Seri ini menceritakan lima sahabat dengan profesi berbeda dan memiliki kisah percintaan yang berbeda pula. Seperti judulnya, di novel ini Kak Yuli mengambil 'stylist' sebagai profesi tokoh utamanya.

Ceritanya berpusat pada profesi Yoon Hee yang membawanya bertemu sang CEO kemudian jatuh cinta. Namun, sebenarnya ada hal-hal lain yang disisipkan dan berpotensi menjadikan konflik lebih berat yaitu bahwa Yoon Hee merupakan lulusan kedokteran yang memiliki hobby mendesain pakaian dan orang tua Yoon Hee menentang hobby-nya itu.

Hal itu memang hanya disinggung sedikit, karena cerita utamanya tentang bagaimana Yoon Hee menaklukkan Lee Won dan putrinya. Meskipun dengan konflik ringan, tapi novel ini cukup menggemaskan apalagi dengan sosok Yoon Hee yang unik. 

Karakter tokohnya kuat dengan khas masing-masing. Yoon Hee digambarkan sebagai sosok yang ceria, murah senyum dan mudah tertawa, serta unik dan berani tampil nyentrik. Lee Won, CEO profesional, mahal senyum dan irit bicara. Eun Bi, putri Lee Won yang cantik luar biasa, dan sifatnya tidak jauh dari sang ayah. Selain itu, ada juga rekan-rekan kerja Yoon Hee yang sama 'gilanya' dengan Yoon Hee hingga cukup meramaikan suasana.

Alur ceritanya dibuat maju. Bagian-bagian penting dari masa lalu Yoon Hee juga Lee Won diceritakan dalam bentuk dialog. Sudut pandang yang digunakan adalah dari PoV ketiga sehingga porsi Yoon Hee dan Lee Won diberikan dengan seimbang.

Gaya bercerita Kak Yuli di novel ini pun masih seperti sebelumnya, nyaman dibaca dengan narasi-narasi yang menarik dan dialog yang tidak membosankan. Ditambah lagi, kalimat dan aksen pada dialognya disesuaikan dengan kebiasaan orang Korea sehingga membacanya pun seperti sedang menonton drama. Yang paling penting, kosa kata dari Bahasa Korea diberi catatan kaki berisi artinya. Jadi, kalau yang membaca bukan penggemar hal-hal Korea pun ceritanya tetap bisa dipahami.

Dulu, aku sempat ragu membaca K-Fiction, takut feel-nya akan beda dan rasanya jadi aneh. Namun, lewat novel MIS ini, Kak Yuli berhasil membuatku yakin kalau novel K-Fiction tidak seaneh itu untuk dibaca. Sekarang, aku malah sudah mulai membaca K-Fiction lain, baik dari Kak Yuli atau penulis lain.

Kalau kalian seorang K-addict dan suka cerita yang menggemaskan dengan ilustrasi cantik, atau bukan K-addict tapi mau coba baca K-Fiction, novel ini bisa jadi pilihan kalian.


 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea