Selasa, 03 Oktober 2017

[REVIEW] Till It's Gone - Kezia Evi Wiadji

Diposting oleh My Booklicious di 01.46

Judul: Till It's Gone
Penulis: Kezia Evi Wiadji
Penyunting: Fatimah Azzahrah
Desain Sampul: Mahar Mega
Penerbit: Media Pressindo
Tahun Terbit: 2013
ISBN: 978-979-911-298-9

BLURB

Saat mengenakan gaun pengantin berwarna putih dan menangkap bayangannya di cermin besar di kamarnya, hatinya pedih. Ia juga malu. Ia tidak sesuci seperti warna gaunnya. Ia telah hamil sebelum mengucapkan janji pernikahan. Alisa menekan tangan kanannya ke perut. Telapak tangannya saat itu terasa lembap. Ia berharap saat ini ia sedang bermimpi. Tetapi aroma buket bunga gardenia dan mawar di tangan kirinya membuatnya sadar. Bau wangi itu nyata, senyata apa yang terjadi sekarang pada dirinya. 

Rumah tangga ternyata tidak sesederhana yang Alisa pikirkan. ia sering mendapat perlakuan tak mengenakkan dari Adam, teman hidupnya. Sampai suatu ketika ada secercah empati yang terulur ke arahnya. Dari seorang lelaki yang pernah menorehkan sejarah dalam hidupnya. Bersediakah Alisa menerimanya?

***

Novela Till It's Gone menceritakan kehidupan rumah tangga Alisa-Adam yang jauh dari kata harmonis. Bersama Adam, bukan keamanan dan kenyamanan yang didapat Alisa dan Kevin--anaknya, melainkan kekerasan fisik dan sakit hati.

Hingga kemudian datang sosok Frans, seseorang dari masa lalu Alisa, mengulurkan tangannya, siap menyambut Alisa dan Kevin. Alisa harus memilih: mempertahankan rumah tangganya meski tersiksa atau memilih lepas demi kebahagian Kevin juga kebebasan dirinya sendiri.

***

Ini karya pertama dari Kak Evi yang kubaca, dan aku suka ide yang dipilih penulis untuk novela ini. Ceritanya tentang kehidupan rumah tangga, berbagai masalah di dalamnya--termasuk KDRT--dan bagaimana tokoh menyelesaikan masalah itu. 

Poin plusnya, penyelesaiannya itu 'gak drama banget', beda dengan novel roman lain. Kalau biasanya kisah roman di novel itu semanis gula kapas, ini sebaliknya. Setiap kejadian dan keputusan yang diambil tokohnya menggambarkan kehidupan nyata yang memang tidak mudah.

Karakter tokohnya cukup kuat dan bikin greget. Karakter Alisa, misalnya, dia cukup egois. Dia mau berusaha mempertahankan rumah tangganya, padahal tahu dia menderita, bahkan Kevin sampai mengalami trauma gara-gara Adam. Kalau Adam, sih, sudah jelas brengseknya. Tidak bisa diungkapkan kata-kata. Ada juga Frans yang baiknya minta ampun. Dia ini suami-able sekali. 

Alur ceritanya campuran. Beberapa bab awal diambil dari masa kini, kemudian ada bagian-bagian flashback yang disesuaikan dengan plot cerita, lalu kembali lagi ke masa kini. Ceritanya dibawakan dari sudut pandang orang ketiga, kecuali bagian prolog & epilog.

Gaya penceritaan Kak Evi di sini juga nyaman di baca, kalimat-kalimatnya rapi dan lugas. Hanya saja, ada beberapa bagian flashback yang narasinya sangat panjang, sampai beberapa halaman tanpa dialog. Aku bacanya juga jadi merasa datar aja.

Secara keseluruhan, cerita di novela ini cukup bikin aku pengin marah-marah. Seperti di testimoninya, novela ini memberikan gambaran bahwa dalam pernikahan itu perlu kematangan.




 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea