Selasa, 14 November 2017

[REVIEW] Baby and Me - Ainun Nufus

Diposting oleh My Booklicious di 08.37

Judul: Baby and Me
Penulis: Ainun Nufus
Editor: Alaine Any
Penyelaras Aksara: Tesara Rafiantika, Halimatusolihah
Penata Letak: Dede Suryana
Desain Sampul: Agung Nugroho
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2017
ISBN: 978-979-780-906-5

BLURB

"Jodoh itu bukan soal cinta, tapi soal waktu. Hingga pada waktunya, kuputuskan untuk bersamamu, meski mungkin aku tak pernah menjadi alasanmu."

Apa yang akan kau lakukan bila pria yang pernah meninggalmu kembali datang dan memintamu untuk bersamanya? Mampukah kau kembali percaya setelah hatimu dibuat pecah berkeping-keping?

Hal itu yang dialami oleh Feli. Sosok Biyan datang kembali setelah sempat menyuruhnya untuk pergi dari hidupnya. Pria itu mencoba dengan segala usaha untuk kembali merebut hati Feli. Berusaha membuat wanita itu percaya bahwa ia ingin menebus kesalahannya.

Meski hatinya tak bisa lagi menolak pesona Biyan, tanda tanya itu terlampau besar untuk dilawan. Ketakutan itu teramat setia singgah di dalam dada. Apakah Biyan benar-benar menginginkan dirinya sebagai seorang yang dicinta, atau hanya karena bayi yang ada di dalam kandungannya?

***

"Mencari sesuatu yang pernah kamu lempar jauh tak semudah saat kamu membuangnya." (hal. 51)

Kesedihan telah membawa Feli pada satu kesalahan fatal dalam hidupnya. Sialnya lagi, kesalahan itu dilakukannya bersama laki-laki pengecut-tak bertanggung jawab yang baru ia kenal. Biyan. Kesedihan Feli pun semakin menjadi-jadi.

Namun, saat perasaannya mulai membaik, takdir malah mempertemukannya kembali dengan Biyan. Tidak hanya kaget, bertemu Biyan juga mengingatkan Feli pada luka dan kekecewaannya.

Biyan yang sejak kembali bertemu merasa mengenal sosok Feli pun sama kagetnya. Apalagi dengan keadaan Feli yang tengah hamil. Biyan yakin bahwa yang dikandung Feli adalah anaknya. Ia mulai mendekati Feli, tapi Feli selalu menghindar.

Bagaimana perjuangan Biyan dalam meluluhkan hati Feli? Akankah ia berhasil dan bisa hidup bersama sebagai sebuah keluarga?

"Kalau kamu ingin hidup bersama mereka, kamu harus mencintai keduanya. Bukan hanya salah satu." (hal. 113)

***

Novel Baby and Me ini mengangkat tema 'marriage by accident', yaitu tentang Feli yang terpaksa setuju menikahi Biyan demi masa depan anak mereka. Konfliknya sendiri lebih banyak pada pergolakan batin tokohnya. Keduanya sering merasa sulit mengenali perasaan sendiri dan gamang dalam mengambil keputusan.

Tokohnya sebenarnya berpotensi untuk menjadi lebih kuat. Feli yang udah yatim piatu dan terbiasa hidup mandiri memang cukup terlihat dari karakternya. Namun, karakter Biyan yang merupakan seorang CEO terasa masih mengambang, kurang kuat. Justru yang menonjol menurutku adalah Mita dan Dava. Dua sahabat Feli ini konsisten, baik dalam penokohan, juga perannya dalam cerita.

Ceritanya disampaikan dengan alur maju dan PoV ketiga. Sebenarnya aku merasa jalan ceritanya cukup terarah. Hanya saja, setting tempat dan pengaruh profesi pada karakternya hanya dibahas sekilas sehingga terasa kurang menguatkan alur dan karakter tokoh.

Gaya berceritanya sendiri sederhana. Bahasanya juga cenderung manis. Namun, aku menemukan bahasa asing yang masih cetak tegak, bukan 'italic'. Lalu, ada beberapa kali pergantian kata ganti antara 'kau' dan 'kamu' yang mungkin sebaiknya dibuat konsisten.

Bagian yang paling aku suka yaitu setting Jogja yang tentunya bikin kangen. *apalagi sama Candi Sambisari dan Soto Bathok-nya* Terus, aku suka karena di dalam cerita dicantumkan tentang pendapat hukum tentang janin yang dikandung sebelum orang tuanya menikah.

Kisah Feli dan Biyan ini bikin gemes, lho. Apalagi kalau Biyan udah diisengin sama Feli. 😅😅

Nah, kalau kalian suka baca cerita yang ringan, menggemaskan, tapi tak lepas dari nilai penting kehidupan keluarga, novel ini bisa jadi pilihan kalian. Jadi, selamat berburu, ya.



 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea