Kamis, 30 November 2017

[BLOGTOUR + GIVEAWAY] A Thing Called Us - Andry Setiawan

Diposting oleh My Booklicious di 09.50
~~~~~~~~~~ REVIEW ~~~~~~~~~~


Judul: A Thing Called Us
Penulis: Andry Setiawan
Penyunting: Ayuning
Penyelaras Aksara: Herliana Isdianti, Selsa Chintya
Desain Sampul: Chyntia Yanetha
Penata Sampul: @teguhra
Penerbit: Haru Media
Tahun Terbit: Cetakan 1, Oktober 2017
ISBN: 978-602-6383-20-4

BLURB

Ini kisah cinta yang biasa.

Tentang tiga orang sahabat.
Tentang mereka yang memendam perasaan masing-masing.

Shun, Kotoha, dan Shinji sudah bersahabat sejak kecil.
Sampai suatu saat, Shinji tiba-tiba memutuskan untuk menghilang dari kehidupan mereka tanpa memberi kabar secuil pun.

Setelah lima tahun berlalu, Kotoha masih menunggu Shinji pulang. 
Sementara itu, Shun menunggu Kotoha melupakan pria itu. 
Namun, mau sampai kapan mereka saling menunggu?

Mereka hanya bisa berharap, kisah cinta yang biasa ini tidak berakhir dengan penyesalan.

***

A Thing Called Us menceritakan tentang tiga sahabat: Shun, Kotoha, dan Shinji. Persahabatan yang terjalin sejak kecil membuat mereka tampak seperti perangko; selalu bersama. Namun, kebersamaan itu harus terhenti karena Shinji yang mendadak menghilang.

Lima tahun sudah Shun dan Kotoha menunggu Shinji. Raut sendu tak juga hilang dari wajah mereka. Shun ingin menggantikan Shinji bagi Kotoha, menjadi laki-laki yang dicintai gadis itu dan membuatnya bahagia. Namun, hati Kotoha masih terpaut pada Shinji.

Di tengah kerumitan perasaan di hati Shun dan Kotoha, hadir sosok Aki dan Hayato. Keduanya mampu memberikan warna untuk hari-hari Shun dan Kotoha yang kelabu, seakan memberi jalan untuk mengurai segala kekusutan di hidup mereka.

Bagimana kisah Shun-Kotoha-Shinji berakhir? Apakah Shinji akan kembali? Bagaimana pula dengan Aki dan Hayato yang menaruh hati pada Shun dan Kotoha?

***

Sejak awal, aku tidak menaruh ekspektasi apa-apa pada novel ini. Selain karena ini karya Kak Andry pertama yang kubaca, blurb-nya juga membuatku menyangka akan menemukan kisah cinta segitiga atau friendzone yang biasa.

Hmmm... Ternyata dugaanku salah. 😱😱

Ini sama sekali bukan kisah persahabatan dan cinta yang biasa. Masalah utama yang aku tangkap justru tentang menghilangnya Shinji hingga membuat Shun dan Kotoha terjebak masa lalu. Lebih ke konflik batin, sebenarnya. Maju gimana, tetap diam menunggu juga gimana. Itulah yang bikin aku greget.

Karakter Shun dan Kotoha pun benar-benar kuat. Rasa kehilangan tercermin dari bagaimana mereka bersikap sehari-hari. Suasananya jadi sendu banget. Apalagi Shun punya masalah lain selain tentang Shinji. Bahkan, untuk 'pelarian' dari masalahnya itu, semasa sekolah dia ikut klub baseball, meski akhirnya tidak banyak membantu.

Shun dan Kotoha menjadi sosok yang pendiam dan tertutup. Untungnya... ada Aki dan Kotoha. Aku selalu menunggu dua sosok ini masuk di adegan. Seenggaknya, tingkah mereka bisa bikin aku senyum setelah ikutan galau sama Shun dan Kotoha. 😅😅

Alur ceritanya rapi. Kisah masa kecil Shun-Kotoha-Shinji diceritakan sedikit demi sedikit, bikin gak mau berhenti baca saking penasarannya. Namun, aku sempat kaget karena setelah bab 19 itu langsung bab 21, takutnya kelewat 1 bab. Untungnya itu kayak salah penulisan bab aja. Halamannya tetap urut kok. Jadi, kalau nanti kalian baca, gak perlu khawatir ya.

Next, tentang sudut pandang. Penggunaan sudut pandang orang ketiga di novel ini bikin porsi tiap tokohnya jadi imbang, gak berpusat di salah satu aja. Terus, nuansa jepangnya juga kental banget. Mulai dari berbagai istilah, dialog, sampai gaya berceritanya pun berasa novel terjemahan. Pembaca yang gak familier sama hal-hal berbau jepang pun gak akan bingung, karena ada catatan kaki yang siap jadi sumber informasi.

Eittt... dan jangan lupakan juga sampulnya. Gambar pohon yang cantik dan  butiran salju(?) yang khas negara 4 musim bikin novelnya jadi instagram-able banget.

Intinya, secara keseluruhan, cerita ini mengingatkan kita untuk berusaha damai dengan masa lalu agar bisa melangkah ringan menuju masa depan, dan agar kita buka mata pada mereka yang peduli dan mau membantu untuk bangkit.

Pesannya dalam banget, kan? Makanya, aku beruntung banget bisa baca novel ini. Kalian juga, ya, jangan ragu buat jadikan novel ini sebagai salah satu penghuni rak.

~~~~~~~ GIVEAWAY TIME ~~~~~~~


Gimana review-nya? Bikin wishlist nambah, kan? Nah, setelah baca review-nya, aku mau berbagi kabar bahagia. Kabar apakah itu?

Yuppp... Akan ada giveaway berhadiah novel A Thing Called Us buat kalian yang beruntung. Tapiiii... ada tapinya. Giveaway berlangsung di FP Penerbit Haru sebagai penutup dari rangkaian blogtour ini.

Aku cuma memberi syarat umum aja, ya. Apa aja? Ini dia:

1. Follow akun media sosial Penerbit Haru dan Kak Andry.

2. Like Fanpage Penerbit Haru (di sini)

3. Kumpulkan clue dari setiap postingan blog para host.

Clue dari My Booklicious:

Klub olahraga apa yang diikuti Shun semasa sekolah?

Gampang, kan? Jawabannya ada di review, lho.

Syarat dariku cukup itu, ya. Tunggu rules lengkapnya di FP Penerbit Haru. Jangan lupa juga buat berkunjung ke tiap blog, ya.

Selamat berburu..!!



 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea