Senin, 02 April 2018

[REVIEW] Second Chance Series: Revenge - Anggun Prameswari

Diposting oleh My Booklicious di 15.01

Judul: Revenge (Second Chance Series)
Penulis: Anggun Prameswari
Editor: Dyah Rinni
Penyelaras Aksara: Jason Abdul
Perancang Sampul dan Isi: Abdul M
Fotografi: MadTone
Model: Salshabilla Adriani
Penerbit: Falcon Publishing
Tahun Terbit: 2018
ISBN: 978-602-6714-15-2

BLURB

Kekasihnya berselingkuh dengan sahabatnya sendiri. Kariernya sebagai penulis terancam gagal. Kenangan buruk masa lalu terus menghantuinya. Puncaknya, dia mengalami kecelakaan yang nyaris merenggut nyawa. Kehidupan dan hati Lea benar-benar hancur.

Suatu kali, di Kafe Second Chance, Lea menemukan kesempatan kedua dalam bentuk sebuah diari bergaya vintage. Dia mencurahkan semua perasaan dan keinginannya ke dalam diari tersebut. Bahkan diari itu menjadi sahabat terbaiknya. Tanpa Lea sangka, setiap tulisannya menjadi nyata. Keinginannya terwujud hanya dengan menuliskannya saja.

Lea pun memanfaatkan keajaiban itu. Ada balas dendam kepada kekasih dan sahabatnya yang harus dituntaskan. Ada masa lalu yang harus diperbaiki. Dan ada perasaan-perasaan yang mendesak segera tersampaikan. Lea tak bisa berhenti, meskipun diari itu menuntut harga yang harus dibayar. Berhasilkah Lea membalas patah hatinya? Akankah dia menerima penyesalan sang kekasih yang sudah berkhianat?

***

"Orang yang beruntung adalah mereka yang punya kesempatan kedua." (hal. 16)

Mari berkenalan dengan Lea, penulis yang novelnya menembus best seller dan diangkat menjadi film. Muda, cantik, berbakat, dan sudah punya kekasih. Hidup Lea tampak menyenangkan. Namun, Lea enggak seberuntung itu. Dia enggak tinggal dalam keluarga yang harmonis. Bahkan Dante--kekasihnya--justru berselingkuh dengan Mischa, sahabatnya.

Kafe Second Chance menjadi saksi bagaimana Lea mendapat kesempatan kedua. Pemilik kafe itulah yang menyelamatkan Lea saat mengalami kecelakaan setelah memergoki Dante yang tengah berselingkuh. Di kafe itu pula, Lea terpikat oleh sebuah diari tua. Seperti ada magnet, Lea sangat ingin memiliki diari itu.

Dengan cara yang tak terduga, Lea berhasil mendapatkan diari tua itu. Selanjutnya, pembalasan pun dimulai.

Keinginan kuat untuk balas dendam telah menggerakkan tangan Lea begitu jauh. Halaman demi halaman diari itu mulai terisi. Satu hal yang Lea tau: apa yang dia tuliskan pada diari itu akan menjadi kenyataan. Berbagai kejadian buruk pun menimpa Dante dan Mischa.

Namun, benarkah yang terjadi hanya sebatas itu? Bagaimana kalau tulisan pada diari itu juga jadi bumerang untuk Lea?

***

"Balas dendam, bahkan cuma dengan memikirkannya saja, membuat energimu habis." (hal. 96)

Kalau udah baca review seri Second Chance, pastinya kalian tau kalau seri ini merupakan kisah romance yang dibumbui dengan light fantasy. Nah, Revenge sendiri menceritakan tentang pembalasan dendam Lea pada Dante dan Mischa, tentunya dengan bantuan 'diari ajaib'. Selain unsur fantasinya, penceritaannya juga menarik, enggak monoton dengan alur yang dibuat campuran.

Karakter tokohnya sendiri cukup menonjol. Aku seperti mengenal Lea dalan dua kepribadian: Lea yang kalem dan jarang mengungkapkan perasaannya serta Lea yang dipenuhi hasrat balas dendam. Seperti yang udah kubilang, Lea ini kadang bikin kesel. Favoritku Trian, tentu saja. Dia jadi penyeimbang di tengah berbagai masalah karena emosi Lea yang kurang stabil.

Sejauh ini, satu catatanku adalah kalimat-kalimatnya terkesan singkat dan kaya akan gaya bahasa. Ini jadi poin plus banget.

Selama ini, aku sering menemukan novel-novel yang mengandalkan kalimat panjang, yang kadang enggak efektif dan malah sulit ditemukan intinya. Nah, novel ini justru sebaliknya. Kalimatnya yang singkat membuat narasinya lebih ngena dan mudah diserap. Gaya bahasa yang digunakan juga macam-macam. Bacanya jadi nyaman.

Sebenarnya, selain sisi fantasi pada pembalasan dendam Lea, kondisi psikis Lea ini juga bagian subkonflik yang menarik. Untungnya subkonflik itu diselesaikan dengan cara yang logis. Butuh waktu, enggak bisa instan, dan tentunya ada hikmah yang bisa diambil.

Dengan ide yang segar, Revenge recommended banget untuk mengisi waktu luang.



 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea