Selasa, 07 Agustus 2018

[BLOGTOUR] Kepo Penulis: Happy Rose (Author of Sea You Soon)

Diposting oleh My Booklicious di 12.22

Holaa!!! Selamat siang, semua...

MyB datang lagi, bersama rangkaian blogtour novel Sea You Soon karya Kak Happy Rose persembahan Penerbit Roro Raya Sejahtera.

Seperti biasa, dalam blogtour dari RRS ini, tiap host diberi kesempatan untuk mengajukan 5 (lima) pertanyaan pada penulisnya. Nah, ini dia rangkuman hasil kekepoanku untuk Kak Happy...

***

Q: Gimana awalnya bisa menerbitkan novel di Roro Raya Sejahtera ini? Mengajukan sendirikah atau mungkin diberi tawaran oleh editor?

A: Novel Sea You Soon semula saya tulis untuk diikutkan di sayembara lomba di Roro Raya. Tidak menang, sih. Tapi alhamdulillah naskah ini tetap berjodoh dengan Roro Raya :)

Tuh gaiss... Kalau jodoh mah enggak akan ke mana, ya. ;))

Q: Kalau dilihat dari judul dan cover-nya, kesan setting pantainya cukup kuat. Apa yang menjadi inspirasi Kakak sampai bisa melahirkan kisah dengan setting pantai seperti ini?

A: Setting pantai sebenarnya karena penyesuaian lokasi dengan profesi Kal sebagai surfer. Kalau inspirasi kisahnya, sih, bermula dari keinginan saya yang ingin menulis karakter dengan profesi yang masih jarang disentuh oleh penulis lain.

Nah, aku setuju kalau dibilang profesi surfer ini masih jarang diangkat. Namun kalau kalian baca novelnya, bukan cuma Si Kal lho, profesi Agni sendiri juga unik. Ada yang bisa nebak? :p

Q: Setahuku, ada beberapa penulis yang bisa membuat naskah utuh dalam 2-3 bulan. Kakak sendiri butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan naskah Sea You Soon ini?

A: Saya bukan tipikal penulis cepat. Selain itu research dan proses menulisnya berjalan bersamaan, jadi total waktu yang saya butuhkan sekitar 5 bulan. Lumayan lama, ya?

Naskahnya selesai dalam waktu segitu lumayan cepet lho, kalau menurutku. Apalagi dengan riset setting dan profesi yang cukup detail. Yang penting naskahnya selesai dan sekarang bisa dinikmati pembaca, ya.

Pertanyaan selanjutnya...

Q: Kakak suka membuat moodboard, beberapa setting atau adegan mungkin, atau enggak? Kenapa? Kalau iya, boleh dong minta bocoran koleksi moodboard untuk novel Sea You Soon ini.

A: Saya cenderung suka menggambar, jadi nggak pernah bikin moodboard. Kelihatannya asyik juga kalau kapan-kapan saya bikin moodboard. Mungkin saya bisa mencobanya untuk novel berikutnya :) 

Okay.. berarti kita tunggu karya Kak Happy selanjutnya, ya.

Pertanyaan terakhir nih.

Q: Gimana kesan setelah novel ini lahir dan ada pesan untuk pembaca, mungkin? Aku dengan senang hati menyampaikannya lewat postingan blog nanti.

A: Yang pasti saya bersyukur dan bahagia novel ini bisa terbit. Ini semacam hadiah yang luar biasa. Untuk para pembaca Sea You Soon, terima kasih banyak. Tanpa kalian kisah Kal dan Agni nggak akan muncul ke permukaan. Dan, seperti yang dialami oleh Kal juga Agni, ada masa di mana kita harus melepaskan banyak hal, kecuali rasa percaya terhadap diri sendiri bahwa kita akan selalu bisa menjadi orang yang lebih baik dan mencintai dengan baik. Sea you soon! :)

Sekarang, kalian bisa intip dulu sekilas biografi Kak Happy, ya. 

Tentang Penulis
HAPPY ROSE  lahir di Surabaya dan kini menetap di kota Malang. Hari-harinya berkutat seputar anak-anak dan bahasa. Saat ini sedang bersemangat belajar bahasa Rusia setelah jatuh cinta dengan satu kata Rusia “Spasiba” yang artinya “Terima Kasih”.
Happy Rose suka membaca dan menulis surat. Dia bisa dihubungi lewat email khatarose99@gmail.com dan sekelumit dunia di dalam kepalanya bisa diintip melalui IG @happy.rose9

Sstttt... Makin penasaran sama novel Sea You Soon? Tunggu review-nya di postingan berikutnya, ya. Sea you... <3 <3


6 komentar:

Unknown mengatakan... Balas

Iya sih, aku bahkan baru satu kali baca buku dengan tokoh berprofesi sebagai peselancar.

Oh ya, moonboard itu apa ya? 😆😆

Unknown mengatakan... Balas

Kalau emang karya bagus dan orisinil, mau nggak menangpun tetap aja ada jalannya untuk terbit. Kal pasti surfer hot yang suka berjemur di tepi pantai. Makanya dilirik buat terbit ;)

love smile mengatakan... Balas

Jodoh enggak kemana. Saya juga akan percaya itu :)
Klo jodoh pasti bakal dapetin buku ini entah kapa waktunya dan gimana caranya. Yang jelas sekarang mau usaha dulu ngikutin blogtour dan giveawaynya, hohoho

My Booklicious mengatakan... Balas

@Heni Susanti Aku juga baru 2x baca yang profesinya surfer. Kalau untuk moodboard, itu semacam kumpulan gambar yang biasanya bisa jadi inspirasi untuk adegan atau setting.

My Booklicious mengatakan... Balas

@Nola Indriyani Iya... Apalagi kalau ceritanya memang sesuai sama lini terbitannya. Ini ceritanya memang tipe Roro Raya banget. :))

My Booklicious mengatakan... Balas

@Desita Wahyuningtias Iya, ikut GA di semua host aja. Semoga beruntung. :D

Posting Komentar

 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea