Selasa, 23 Oktober 2018

[BLOG TOUR] Kepo Penulis: Chocola (Author of The Perfect Catch)

Diposting oleh My Booklicious di 18.54

Hola, gaiss...
My B datang lagi untuk membuka rangkaian blog tour The Perfect Catch persembahan Roro Raya Sejahtera.

Sekadar info, novel The Perfect Catch karya Kak Chocola ini merupakan juara 1 lomba #ROROTEEN 2017. Pastinya penasaran dong kisah di balik penulisan The Perfect Catch ini sampai bisa menyabet gelar juara...

Tenang, kalian bisa menyimak hasil kekepoanku berikut ini.

***

Q: Novel ini kan diikutkan dalam lomba ROROTEEN, bahkan menyabet gelar juara. Nah, apa naskahnya memang dibuat untuk mengikuti lomba ini?

A: Naskah ini sebenernya sudah lama mengendap di laptopku, hampir setahun. Terus saat tahu ada kompetisi novel remaja ROROTEEN aku baca ulang lagi. Karena nggak merasa naskah yang setengah jadi itu cocok untuk diikutkan lomba karena konfliknya yang masih kurang jadi aku berinisiatif buat rombak total hampir 80%. Aku cuma ambil karakter dan tema basketnya aja, selebihnya udah berubah semua.

Q: Setahuku, ada beberapa penulis yang bisa membuat naskah utuh dalam 2-3 bulan. Kakak sendiri butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan naskah The Perfect Catch ini? Karena untuk ikut lomba pun, ada deadline-nya.

A: Aku butuh sekitar dua bulan buat bikin outline baru sampai self editing. Sebenarnya di awal lomba ini mulai dipublikasikan aku udah buat naskah lain untuk diikutkan lomba, tapi karena lagi-lagi aku merasa konfliknya masih kurang danfeel-nya kurang banget jadi aku memutuskan banting stir ngerjain naskah ini. Mungkin kalau Roro nggak nambah satu bulan perpanjangan deadline, mungkin novel ini nggak bakal terpajang di sini. XD

Tuh, gaiss.. Kalau jodoh mah enggak akan kemana, ya. :D

Next, pertanyaan selanjutnya.

Q: Sejak membaca first chapter-nya, aku merasakan kesan tentang persahabatan dan keluarga yang cukup kuat. Riset apa saja yang Kakak lakukan untuk melahirkan konflik dan solusi tentang 2 hal itu?

A: Sebenarnya riset novel ini lebih banyak ke tema basket dan medisnya ke timbang ke persahabatan dan keluarganya. Tapi mungkin selama menulis ini yang membuat dua hal tersebut jadi kental karena aku juga banyak baca novel teenlit dan film remaja yang lagi banyak di sukai. Selain itu, pengalamanku jadi ghost writer buku non fiksi remaja mungkin juga punya pengaruh menambah kekentalan dua aspek itu, karena ya memang bagi remaja keluarga dan sahabat itu harta karun paling perting dalam kehidupan mereka.

Q: Adakah kendala berarti dalam proses penulisannya? Atau kalau kakak sempat mengalami writer's block, mungkin bisa share tips atau sumber inspirasi untuk mengatasinya.

A: Seperti yang tadi aku curhatkan di pertanyaan nomor dua, tadinya aku punya naskah lain yang mau aku ikutkan dalam kompetisi ini. Tapi nggak aku lanjutkan karena writer’s block, tapi saat mengalami itu harusnya kita juga tahu apa penyebabnya dan gimana cara mengatasinya. Karena aku merasa naskah itu masih kurang dalam segi konflik dan feel-nya untuk diikutkan dalam kompetisi akhirnya aku berinisiatif untuk menuliskan naskah baru kali ini yang lebih matang konfliknya supaya aku bebas dari writer’s block.
Tips, utamanya itu kenali penyebab writer’s block. Buat outline yang matang dari bab satu sampai terakhir. Outline itu udah seperti petunjuk arah banget saat nulis, tiap kali hilang arah, begitu liat outline kita bakal kembali lagi ke jalan yang benar. Lalu menulislah dengan nyaman, kalau aku menulis yang nyaman itu sambil dengerin musik-musik yang mendukung cerita, misal lagi ada scene sedih nih, aku pasang lagu yang sendu-sendu. Dan biasanya aku nulis di malam hari saat semua orang lagi tidur, jadi nggak bakal ada yang ganggu. Hehe... Nggak enak bangetkan kalau inspirasi lagi bagus-bagusnya tau-tau diganggu orang lain.

Q: Terakhir, gimana kesan setelah tahu novel ini jadi juara dan mungkin ada pesan untuk pembaca?

A: Rasanya luar biasa membahagiakan dan masih bikin aku nggak percaya sih sampai sekarang, karena aku dulu cuma remaja biasa yang hobi baca novel, sekarang udah bisa nulis novelnya sendiri dan bahkan jadi juara satu lomba nulis novel remaja. Bikin bersyukur banget sih karena usahaku selama ini akhirnya berbuat manis. Dan kompetisi ini jadi semacam pintu yang membuka kesempatan-kesempatan selanjutnya buatku. Makasih Roroteen.
Buat pembaca, pesanku, kalian jangan lelah memperjuangkan mimpi kalian. Meski akhirnya mungkin mimpi kalian terbentur dengan realita, setidaknya kalian tidak bakal dihantui penyesalan dikemudian hari karena tidak pernah berusaha melangkah. Satu lagi, mari sama-sama kita perangi pembajakan buku. Jangan membeli buku yang tidak asli ya.

Profil Penulis

Chocola merupakan nama pena dari Citra Ayuning Tyas. Gadis kelahiran Tasikmalaya 13 April ini merupakan alumni pendidikan kimia Universitas Negeri Semarang. Penyuka makanan, hujan, astronomi, K-POP dan J-movie ini bercita-cita menjadi pengusaha kuliner dan penulis sukses. Moto favoritnya, “tidak ada hasil yang menghianati usaha”. Kecintaannya terhadap Semarang membuatnya ingin kota Venice van Java mendominasi latar karya-karyanya. Novel ini merupakan karya solo ke-3 yang diterbitkan, sebelumnya novel ‘In Paris Where I Meet You’ pernah diterbitkan tahun 2014 dan e-book novela ‘Miss Beauty & Mr. Brain’ diterbitkan tahun 2017.

Penulis dapat disapa melalui:
Instagram: @citra_chocola
Twitter: @Chocola134
Facebook: Chocola
Email: glacier4tdesert@gmail.com

NB: Iput terhura, lho. Ternyata kami punya kesamaan. Sama-sama asli Tasikmalaya, dan sama-sama lulusan Pend. Kimia.  Enggak ada yang nanya, ya. Enggak apa-apa deh. Yang penting doanya, semoga Iput juga bisa seketje Kak Citra, ya. :D

***

Nah, itu dia sekilas kisah di balik lahirnya The Perfect Catch. Kerja keras Kak Citra dalam merombak naskah, melakukan riset tentang basket dan medis, mengatasi writer's block dengan rajin buka dan baca ulang outline, hingga menyempatkan diri untuk swasunting atau self editing akhirnya membuahkan hasil hingga karyanya bisa jadi juara.

Makin penasaran dengan seberapa ketje novel The Perfect Catch ini? Nantikan review-nya di blog MyB, ya.

See you soon... <3 < 3



 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea