Selasa, 13 Maret 2018

[REVIEW] Sepertiga Malam di Manhattan - Arumi E.

Diposting oleh My Booklicious di 09.57

Judul: Sepertiga Malam di Manhattan
Penulis: Arumi E.
Desain Sampul: Orkha Creative
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2018
ISBN: 978-602-03-8042-1

BLURB

Empat tahun sudah Brad Smith dan Dara Paramitha berumah tangga. Walau buah hati belum hadir dan Brad sering bertugas jauh selama berhari-hari, keharmonisan rumah tangga mereka tetap terjaga. Namun pada suatu hari, perkenalan Brad yang berprofesi sebagai pianis musik klasik dengan seorang gadis pemain harpa asal Belanda keturunan Jawa mengubah segalanya.

Bagi Brad, konser di Wina-Austria itu tak beda dengan konser musik klasik lain. Tak demikian bagi Vienna der Ankel. Pertemuan dengan Brad membuatnya terpikat. Gadis itu nekat menyusul Brad ke New York agar dapat bergabung dalam orkestra yang sama.

Pada suatu kesempatan, Dara memergoki Brad duduk berdua Vienna. Seberapa keras Brad meyakinkan bahwa Vienna hanya rekan bermusiknya, Dara tak bisa langsung percaya. Apalagi Vienna secara terang-terangan mengaku jatuh cinta pada suami Dara itu.

Tak dinyana, cobaan lain hadir. Kegelisahan Dara karena belum juga hamil membawanya pada satu kenyataan pahit yang bisa memengaruhi masa depannya bersama Brad. Keraguan pun melanda: sanggupkah Brad tetap setia dan tidak tergoda tawaran Vienna?

Di sepertiga malam, doa-doa panjang Dara lantunkan; akankah Dia berkenan mengabulkan?

***

Brad, seorang pianis dengan fisik menawan, telah menikah dengan perempuan berdarah Indonesia, Dara. Keduanya merupakan pasangan muslim-muslimah yang taat. Hanya saja, setelah empat tahun menikah, mereka belum juga mendapat momongan.

Hubungan keduanya baik-baik saja, hingga kemudian muncul sosok Vienna, pemain harpa asal Belanda yang terang-terangan mengaku tertarik pada Brad.

Dara yang terpikirkan keinginan mertuanya untuk segera memiliki cucu semakin dibuat pusing dengan kehadiran Vienna. Ditambah lagi Dara juga mendapat masalah baru. Masalah yang mungkin akan berpengaruh pada kehidupan keluarga kecilnya kelak.

Bagaimana usaha Dara dalam menghadapi berbagai cobaan yang menimpa keluarganya?

***

"Nggak selamanya hubungan suami-istri itu mulus-mulus saja. Sebesar apa pun rasa saling mencintai di antara mereka." (hal. 154)

Setelah Love in Adelaide, Sydney, Montreal, dan Ho Chi Minh, kali ini aku berkesempatan untuk baca karya Kak Arumi yang ber-setting Manhattan.

Novel ini sebenarnya punya konflik yang cukup umum. Dara dan Brad yang sudah lama menikah tapi belum dikaruniai anak, serta hadirnya orang ketiga di antara mereka. Namun penyampaiannya yang sederhana tetap nyaman dibaca. Hanya saja, aku agak terganggu oleh beberapa bagian telling yang terlalu ditumpuk.

Untuk karakternya, Brad dan Dara ini bisa dibilang pasangan yang sangat serasi. Sama-sama muslim/ah taat dan meskipun kadang ada emosi yang meledak, itu tidak sampai mengakibatkan sesuatu yang fatal. Mereka sama-sama paham cara untuk menenangkan diri saat terkena masalah.

Lalu, kehadiran tokoh-tokoh lain juga mampu memberikan warna, baik pada karakter maupun jalan cerita. Khususnya Vienna dan Keira. Meskipun karakter Vienna ini menyebalkan, tapi justru dia yang membuat emosi yang ada di cerita jadi naik-turun. Selain itu, sosok Keira yang jadi sahabat Dara juga sandar-able. Karakternya yang supel dan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos membuat dialog di novel ini jadi lebih berwarna. Keira ini jadi favoritku lho. <3 <3

Selain itu, seperti seri ATWWL lainnya, novel ini juga tidak hanya menjadikan Manhattan sebagai tempat Brad dan Dara menetap, tapi juga menyisipkan unsur religi dan wisata di dalamnya. Oh iya, ada sentuhan musik klasiknya juga lho.

Keseluruhannya, kisah Dara-Brad ini jadi gambaran kisah rumah tangga yang tentunya enggak semulus keramik. Setiap pasangan harus siap dengan rintangan yang bisa datang dari berbagai sisi.

So, segera lengkapi koleksi seri ATWWL kalian dan siapkan hati kalau setelah baca jadi pengin punya suami kayak Brad. 😉😉



 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea